JUMLAH JUDUL/NASKAH YANG DIKIRIM KE MEDIA

Baca juga artikel ini:

Tak sedikit dari penulis pemula yang bertanya tentang tata cara mengirim naskah ke koran/media massa. Dari proses awal penulisan, pengiriman, berapa judul/naskah yang dikirim, diterima atau ditolak, bahkan sampai persoalan honorium pun tak luput untuk dipertanyakan. Pertanyaan semacam ini sangat wajar terjadi mengingat penulis pemula memang masih minim pengalaman sekaligus pengetahuan—bahkan ada juga penulis senior menayakan hal-hal semacam itu. Semua itu bukan hal tabu, sebab antara penulis dan media memang memiliki simbiosis, hanya saja dalam hal pencarian informasi terkait teknis pengiriman dan lain sebagainya memang penulis harus aktif mencari sendiri.

Selain bertanya soal alamat redaksi dan honorium, rata-rata hal paling umum dan belum diketahui serta dipertanyakan adalah jumlah naskah yang perlu dikirimkan. Pada dasarnya tiap penulis bebas mengirimkan berapa saja naskah yang dimiliki. Dalam sehari boleh saja mengirim 5—10 judul/naskah. Perlu diingat bahwa, di antara sekian banyak naskah tersebut oleh pihak kurator akan diseleksi kembali guna menentukan naskah mana yang benar-benar memenuhi standar kualitas pihak redaksi untuk ditayangkan.

Berikut ini adalah gambaran tentang jumlah naskah yang perlu dikirimkan ke media:
1. RUBRIK SASTRA
- CERPEN (Umum/Anak)
Rata-rata media menyarankan kepada pihak penulis untuk mengirim naskah antara 1—5 judul. Hal ini bertujuan agar pihak redaktur benar-benar matang saat menentukan pilihan. Di lain sisi, mengirim lebih dari 1 judul juga sangat menguntungkan pihak penulis untuk membuka peluang lolos seleksi. Kalaupun penulis mengirimkan kurang dari 5 judul juga tak masalah, hanya saja ketika naskah pertama ditolak oleh redaktur tentu tidak ada pilihan lain untuk ditinjau kelayakannya untuk ditayangkan di media bersangkutan.

- PUISI/SAJAK
Berbeda dengan rubrik Cerpen, rata-rata kolom puisi diisi oleh beberapa penulis serta beberapa judul—walaupun setelah ditinjau dan diseleksi hanya ada beberapa judul atau bahkan semua yang ditayangkan—mungkin 1—2 judul saja. Maka dari itulah pihak redaktur memberi imbauan khusus tentang jumlah naskah puisi/sajak yang ingin dikirimkan ke meja redaksi yakni antara 5—10 judul. Upayakan 5—10 judul tersebut dijadikan satu file, bukan dikirim secara terpisah. Selain efektif, juga memudahkan redaktur mengumpulkan berkas. Selebihnya bisa dikirim dengan lembar naskah berbeda dengan cara yang sama. 

2. KOLOM OPINI
Untuk kolom opini cenderung bersifat terus-menerus, bahkan tiap hari kolom ini menerima naskah, hanya saja rubrik ini lebih ingin mengangkat isu-isu populer atau menjadi topik perbincangan umum dalam kurun waktu 1—30 hari. Adapun jumlah naskah memang tak ada batas, sesuai kemampuan penulis menghasilkan opini, boleh mengirimkan 1 judul saja atau lebih dari itu. Tapi, opini yang sangat relevan tentu menjadi prioritas utama dalam hal penayangannya. Tak hanya rubrik sastra, kolom opini juga tetap melalui proses peninjuan apakah layak ditayangkan atau tidak.


Bagikan

You Might Also Like

JUMLAH JUDUL/NASKAH YANG DIKIRIM KE MEDIA
4/ 5
Oleh



Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.